Selasa, 07 Juni 2011

KulTwit dari Iwan Agustian (Entrepreneur,Owner & Founder Semerbakcoffee,Kopi Jahe Jago, Susu Jahe Jago, dcparfum.com)


1.      Dalam dunia usaha, baik yang bergerak dibidang barang maupun jasa, kita selalu menghadapi beberapa tipe pelanggan
2.      setiap pelanggan memerlukan strategi penanganan yang berbeda. Salah penanganan, bisa menyebabkan terjadinya ketidaknyamanan
3.      Pelanggan yang tidak puas tentunya berdampak linier terhadap image perusahaan
4.      Berikut adalah beberapa tipe customer yang mungkin akan kita temui dalam kehidupan sehari-hari ...
5.      Customer Cerewet. Banyak dijumpai dan merupakan tipikal mayoritas dari customer yang ada di Indonesia.
6.      Cerewet dlm bertransaksi, seringmengucapkan kata" yg merendahkan, bertanya terlalu banyak & tdk jarang pertanyaannya menyimpang dari topic
7.      Cara menghadapi : perluas wawasan, bersikap sabar dan sering-seringlah tersenyum....
8.      Buat posisi anda seolah-olah dia adalah raja dan anda sedang berusaha mengikuti keinginannya.
9.      Customer Senang Dipuja: Senang sekali jk kita berbicara ttg karirnya yg bagus, hidupnya yg bahagia, bisnisnya yg jalan..
10.  Cara menghadapi : mudah, terus saja buat dia merasa di atas awan dengan mengatakan hal-hal yang baik
11.  Customer Cuek, Ini tipikal customer yg menjengkelkan, cuek banget terhadap setiap penawaran kita. Seringkali sibuk dengan urusan sendiri.
12.  Cara menghadapi : anda hrs bs membuat customer tipe ini penasaran & kalau ada kesempatan buatlah poin di mana dia penasaran, anda yang cuek
13.  Memang agak sulit untuk melakukan closing sales pada customer tipe ini.
14.  Customer Dikejar Waktu, Terburu-buru, tidak suka bertele-tele dan cenderung tidak bisa diam. Ingin segera meninggalkan ruangan
15.  Cara menghadapi : anda tidak boleh “klemak-klemek” (baca : orang yang kalem dan lemot).Anda hrs jadi orang yg sangat menguasai prdk
16.  CustomerPintar : Customer yang tahu produk anda, sering tersenyum pada saat melihat anda presentasi
17.  Dan hati-hati seringkali customer tipe ini menjebak anda dgn pertanyaan" berbahaya..
18.  Cara menghadapi : perluas wawasan anda tentang produk dan bersikaplah yakin terhadap semua presentasi produk anda..
19.  Sebisa mungkin kalau lawan anda adalah customer tipe ini, jangan sampai anda kalah pengetahuan produk dengannya.
20.  CustomerRamah: Jk tipe ini semua orang suka, menerima bulat" setiap penjelasan kita. Tdk cerewet, tdk menjebak, ramah, enak diajak ngobrol.
21.  Cara menghadapi : tidak ada. Kalau bertemu customer tipe ini dijamin anda pasti bisa langsung melakukan closing sales dengan mudah.
Demikian KulTwit tentang tipe-tipe pelanggan atau customer dan tips-tips menghadapinya moga bermanfaat dan SALAM SEMANGAT BERMANFAAT UNTUK SESAMA…!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar